Minggu, 21 Oktober 2012

Media Transmisi Jaringan Komputer

0 komentar


Jaringan komputer berdasarkan media transmisi (media penghantar)
Assalamuallaikum wr.wb sobat indra97,bagaimana ni kabarnya ?semoga kabarnya baik. Karena kemarin sudah memposting tentang topologi jaringan, sekarang giliran media transmisinya ( penghantar ).Media transmisi adalah media penghantar data yang dapat berupa kabel atau gelombang elektromagnet. Secara fisik, ada tiga jenis media penghantar data, yaitu kabel, gelombang elektromagnetik (wireless) dan satelit. Tapi disini indra97 tidak akan membahas semuanya , melainkan hanya membahas yang dipakai dikalangan umum saja,yakni media penghantar kabel dan gelombang elektromagnetik.

A. JARINGAN KABEL (WIRELINE)
  • Fungsi jaringan adalah untuk berbagi sumber daya yang dimiliki dan untuk berkomunikas secara elektronik. Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan. Jaringan komputer wireline bekerja bekerja dengan menggunakan kabel-kabel sebagai penghubung antar komputer.
  • Kabel yang dapat digunakan adalah kabel coaxial, twisted pair dan serat optik.
  • Pada setiap komputer harus dilengkapi dengan kartu antarmuka yang disebut dengan NIC (Network Interface Card) atau LAN (Local Area Network).
  • Jaringan kabel yang biasanya digunakan pada area yang kecil misalnya satu ruangan dan gedung. Setiap komputer yang terhubung dalam jaringan memiliki MAC Address atau IPAddress (internet protocol) yang berbeda-beda.
  • Keunggulan dari jaringan wireline adalah :
  1. Transmisi data 10 s.d. 100 Mbps
  2. Delay atau waktu koneksi antarkomputer cepat
  3. Transmisi data berjalan dengan lancar
  4. Biaya peralatan terjangkau
  • Kelemahan dari jaringan wireline adalah :
  1. Penggunaan terbatas pada tempat yang terjangkau kabel
  2. Waktu untuk instalasi lama
  3. Membutuhkan tempat dan lokasi jaringan yang permanen
  4. Membutuhkan biaya perawatan rutin
  5. Sulit untuk berpindah tempat
Jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer antara lain adalah:
a. Kabel UTP

  • Kabel UTP merupakan jenis kabel yang paling banyak digunakan untuk membangun jaringan komputer. Kabel ini memiliki 4 bagian dan setiap bagian memiliki 2 serat. Spesifikasi kabel UTP antara lain memiliki jangkauan data maksimal 100 meter, dihubungkan dengan konektor RJ45, memiliki beberapa kategori, yaitu kategori 1, 2, 3, 4, dan 5.
b. Kabel STP

  • Kabel STP memiliki ciri-ciri fisik mirip dengan kabel UTP. Hanya saja kabel ini sangat sensitif terhadap sinyal radio dan listrik. Kabel STP sering digunakan pada topologi token ring.
c. Kabel Coaxial

  • Kabel coaksial adalah kabel yang memiliki satu konduktor tembaga di tengahnya. Lapisan plastik isolator terletak di antara konduktor dan lapisan pengaman serat besi. Lapisan serat besi tersebut membantu menutupi gangguan dari lampu listrik, kendaraan dan komputer.
  • Kabel ini rentan terhadap gangguan sinyal-sinyal tertentu. Ada dua tipe kabel koaksial, yaitu tipe RG-58 yang mampu menjangkau jarak 200 meter dan tipe RG-8 yang mampu menjangkau jarak 500 meter.
d. Kabel Fiber Optik (Serat Optik)

  • Kabel fiber optic atau serat optik mempunyai kemampuan mentransmisikan sinyal melewati jarak yang paling jauh dengan kecepatan paling tinggi. Jangkauan kabel serat optik dapat mencapai 2000 meter.
  1. Fungsi dan cara kerja jaringan telekomunikasi (Wireline, Wireless, Modem, dan satelit)
  2. Jaringan Komputer (LAN) untuk keperluan informasi dan komunikasi.

B. JARINGAN TANPA KABEL (WIRELESS)

  • Seiring dengan kecanggihan teknologi informasi, untuk membangun sebuah jaringan komputer dapat dimungkinkan tanpa menggunakan kabel (nirkabel).
  • Untuk pengganti kabel sebagai penghubung dapat digunakan gelombang radio (radio frequency), sinar inframerah (infrared), bluetooth, dan melalui gelombang mikro (microwave).
  • Komputer mobile, seperti notebook dan PDA (personal digital assistant) merupakan komputer yang dapat digunakan pada jaringan nirkabel.
Keunggulan / keuntungan jaringan nirkabel :
  1. Mobilitas
Jaringan nirkabel menyediakan pengaksesan secara real-time kepada pengguna jaringan dimana saja selama berada dalam batas aksesnya.
  1. Kecepatan Instalasi
Proses instalasi jaringan ini relatif lebih cepat dan mudah karena tidak membutuhkan kabel yang harus dipasang sebagai penghubung.
  1. Fleksibilitas tempat
Jaringan nirkabel atau wireless sangat fleksible terhadap tempat, berbeda dengan jaringan kabel yang tidak mungkin untuk dipasang tanpa kabel
  1. Pengurangan anggaran biaya
Bila terjadi perpindahan tempat, anggaran biaya dapat ditekan walaupun investasi awal pada jaringan nirkabel ini lebih besar biayanya daripada jaringan kabel. Biaya instalasi dapat diperkecil karena tidak membutuhkan kabel dan biaya pemeliharaannyapun lebih murah.
  1. Konfigurasi jangkauan
Konfigurasi jaringan dapat diubah dari jaringan peer –to-peer untuk jumlah pengguna yang sedikit menjadi jaringan infrastruktur yang lebih banyak.
Kelemahan dari jaringan nirkabel adalah :
  1. Transmisi data hanya 1-2 Mbps yang jumlahnya jauh lebih rendah biladbandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
  2. Transmisi data dari komputer yang berbeda dapat mengganggu satu sama lainnya
  3. Biaya peralatan mahal
  4. Adanya delay atau waktu koneksi yang besar
  5. Adanya masalah propagasi radio, seperti terhalang, terpantul, dan banyak sumber interferensi
  6. Kapasitas jaringan memiliki keterbatasan yang disebabkan spektrumnya tidak besar (pita frekuensinya tidak dapat diperlebar)
  7. Kemanan data atau kerahasiaan data kurang terjamin
  8. Sinyalnya terputus-putus (intermittence) yang disebabkan oleh adanya benda yang menghalangi sinyal.
  • Pembangunan jaringan nirkabel pada area kecil sangat sederhana, kita hanya membutuhkan satu buah wireless access point sebagai hotspot dan wireless card adapter yang dipasang pada setiap komputer.
Untuk jaringan nirkabel yang lebih luas dapat menggunakan microwave (gelombang mikro) yang dihubungkan dengan satelit. Gelombang mikro dapat mencapai jarak yang jauh dan luas. Jaringan ini memerlukan biaya yang agak mahal.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Leave a Reply

Peraturan berkomentar di Indra 97
1) Dilarang berkomentar yang mengandung unsur SARA
2) Dilarang berkomentar untuk SPAM
3) Dilarang berkomentar yang saling mencela
4) Dilarang Menaruh link hidup dalam berkomentar
Bagi sobat yang melanggar peraturan berkomentar, maka akan admin Hapus komentarnya.
Terima kasih telah berkunjung di Indra 97, semoga bermanfaat